Sejarah Masuk dan Perkembangan Islam di Pakistan

Senin

Pakistan terletak di kawasan Asia Selatan berbatasan langsung dengan India (sebelah timur), Iran dan Afganistan (sebelah barat), Cina (sebelah utara), dan Laut Arab (sebelah selatan).
Negara yang memiliki luas 803.940km2 dan beribu kota Islamabad ini dihuni oleh 163 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, 97% merupakan pemeluk agama Islam. Ini menjadikan Pakistan sebagai negara berpenduduk muslim terbesar ketiga di dunia, setelah Indonesia dan India
Penyebaran Islam
Dilihat dari literatur sejarah, sejak wafatnya Nabi Muhammad saw., penyebaran agama Islam dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar, Umar bin Khatab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib) yang merupakan para sahabat yang dikenal dekat dengan Beliau.
Kemudian, pemegang tongkat estafet penyebaran Islam beralih ke era dinasti yang diawali oleh Dinasti Umawiyah (661 M), Dinasti Abbasiyah (750 M), dan Dinasti Usmaniyah (1288 M). Pada masa dinasti inilah, penyebaran Islam sampai ke daratan Asia. Terlebih, setelah berdirinya kerajaan Islam Moghul di India (abad ke-13 hingga abad ke-15 M).
Namun, kuatnya arus imperialisme dan kolonialisme Eropa Barat yang merambah wilayah Timur menjadi titik awal kemunduran dunia Islam. Kelemahan pengawasan Dinasti Usmaniayah tehadap wilayahnya menjadi celah bagi bangsa Eropa untuk memulai ekspansi terhadap negara-negara di Asia.
Wilayah Asia Selatan yang sejak Dinasti Umawiyah dikuasai oleh Islam jatuh ke tangan imperialis. Dengan demikian, tatanan islam yang telah mengakar kembali bergeser pada ajaran klenik dan menjadi awal berkembangnya agama Hindu di wilayah tersebut. 

Sumber: http://www.anneahira.com/perkembangan-islam-di-pakistan.htm





by: Fadhli

0 komentar:

Posting Komentar